Sabtu, 03 Maret 2012

Bio Problem- Bagaimanakah proses terjadinya bloking polispermi?

Polispermi merupakan suatu peristiwa masuknya multisperma (lebih dari 1 sperma) ke dalam ovum (Sel telur) ketika fertilisasi terjadi. Terdapat 2 macam polispermi, yaitu:
  • Blokade Polispermi Cepat 
         Peritiwa ini terjadi ketika sperma dan ovum bertemu. Pros blokade cepat polispermi dilakukan dengan mengubah potensial listrik pada membran telur (Ovum). Membran sel telur tersebut memiliki barier selektif antara sitoplasma dengan lingkungan lua, sehingga hali ini meyebabkan kadar ion di dalam sel telur berbeda dengan kadar ion di luar sel.. Di dalam sel telur tersebut terdapat kadar ion Na dan K.  Ion Na memiliki kadar yang relatif rendah sedangkan ion K memiliki kadar yang tinggi. perbedaan kadar ion ini dikendalikan oleh membran sel yang berfungsi mencegah masuknya ion Na kedalam sel, dan mencegah lepasnya ion K ke luar sel. Blokade cepat polispermi ini juga dapat ditahan dengan menurunkan kadar Na di lingkungan luar sel. Bila suplai ion seodium tidk mencukupi karena potensial membran berubah menjadi positif maka dapat terjadi Polispermi (Gould.SOmero dkk.1979.Jeffe.1980)

  • Blokade Polispermi Lambat
         Pelepasan sperma dilakukan dengan reaksi granula kortikel. Enzim-enzim dari granula memisahkan lapisan vitalin dari membran plasma dan mukopolisakarida menghasilkan gradien osmotik, yang menarik air ke dalam ruang perivitalin dan membengkakkan daerah tersebut. Pembengkakan itu mendorong lapisan vitelin menjauhi membran plasma, dan lapisan lain mengeraskan daerah tersebut. Ketika voltase yang mengalir di sepanjang membran plasma telah kembali normal, dan pemblokiran cepat polispermi tidak lagi berfungsi. Akan tetapi membranfertilisasi itu bersama sama dengan perubahan lain pada permukaan sel telur berfungsi sebagai pemblokiran lambat terhadap polis. Reaksi ini adalah mekanisme blokade polispermi secara lambat dan proses ini mulai aktif sekitar 1 menit setelah fusi antara sel  sperma dan sel telur pertama. Reaksi ini ditemukan hampir di semua spesies mamalia.  (Campbell jilid 2)

3 komentar:

  1. kalau yang kembar itu gimana gan, apakah dua sel ovem dibuahi oleh dua sperma atau satu sel ovum dibuahi oleh dua sperma?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergntung dia kembar identik atau ngga identik, kalau kembar identik dari satu sperma dan satu ovum lalu membelah mnjadi dua.
      sdagkan kalau kembar tdk identik dari dua ovum dan dua sperma,, setau saya bgitu cmiiw

      Hapus
  2. Biasanya yang kembar itu terjadi kesalahan saat pembelahan ovum yang sudah dimasuki sperma

    BalasHapus